DJOURNAL COFFEE, a place for coffee lover

9 Apr

20130409-170314.jpg

Satu lagi dari Ismaya group. Selalu menawarkan konsep yang sedikit berbeda dari yang sudah pernah ada sebelumnya. Lokasinya ada di Ground floor Grand Indonesia Shopping Mall. Karena lokasinya juga, memungkinkan orang untuk masuk langsung tanpa harus melewati atau masuk ke mall. Dan di bagian depan disediakan tempat buat para perokok…memang banyak yang bilang kalo rokok itu jodohnya kopi. Dan suasananya jadi seperti cafe-cafe di pinggiran jalan luar negeri.

20130409-170357.jpg20130409-170435.jpg

Sedangkan entrance bagian dalam just feel like a living room. Seperti berasa ngobrol di ruang tamu, very cozy, dan tentunya di bagian ini bebas asap rokok. Dan seperti coffee shop pada umumnya, kita harus order terlebih dahulu. Di meja juga ada menu book yang cukup unik, bentuknya semacam gelas kopi. So kita bisa segera order di kasir depan, jangan harap ada waiter yang akan datang untuk take order. It’s self service…

20130409-170451.jpgBuat para pecinta kopi…for sure you won’t miss this one. Di bagian belakang kasir, tempat pick up order minuman kita, ada deretan alat-alat ajaib untuk membuat kopi. Ada 3 pilihan brewing method yang bisa dipilih dengan berbagai macam pilihan kopi, salah satunya adalah kopi Toraja. Yang pertama adalah Pour Over Dripper, seperti cara pembuatan vietnam coffee. Bubuk kopi ditempatkan di semacam wadah seperti saringan, dan kemudian air panas disiramkan di atasnya. Setetes demi setetes air kopi ditampung di gelas… wow…seru yah. Kedua juga ngaa kalah serunya adalah Cold Drip. Prosenya lebih ribet lagi, karena air yang digunakan itu air dingin, minimal suhu ruangan. Alat yang digunakan juga lebih mirip laboratorium kimia. Dan yang terakhir adalah Syphon. Prosesnya air dididihkan, uap air yang naik bercampur dengan bubuk kopi, dan hualaa…kopi siap diminum… For me, it’s very entertaining. Gue sangat menikmati banget bagaimana proses pembuatan kopinya yang ngaa sekedar bubuk kopi dicampur air panas dan kemudian diaduk. Disediakan bangku buat yang tertarik melihat proses pembuatannya, berikut ada note berisi tentang keterangannya. Seru…. But, satu yang disayangkan. dengan proses yang rumit dan menarik itu, seharusnya kopinya disuguhkan dengan cup atau mug yang lebih cantik, bukan di paper cup.

20130409-165724.jpg20130409-165745.jpg

The food… Untuk pilihan makanannya, Spaghetti aglio olio yang cukup spicy dan Spaghetti chikhen teriyaki yang lebih manis cukup recommended. Dan untuk pendamping kopi, ada Nuthella Croisant yang jadi andalan. Selain itu kue dan cake yang didisplay sangat menggoda iman untuk dicobain semua satu-satu….yummm.

20130409-170248.jpg20130409-170043.jpg20130409-170259.jpg20130409-170012.jpg20130409-170116.jpg

Untuk minuman selain kopi, yang cukup recommend adalah Liquid Choco Cake. Ice chocolate blended yang dicampur dengan chocolate cake dan disiram dengan chocolate sauce. Bikin gendut…? aahhh you won’t care setelah mencoba sendiri minuman ini. Trust me…!

20130409-170159.jpg

Dan last but not least… I really like the concept of this coffee shop. Hampir di semua sudut bisa ditemukan kata-kata atau quote yang lucu dan cukup kreatif dan semua  berhubungan dengan kopi. Di Menu, paper cup, sampai di tissue sekalipun.

20130409-170330.jpg20130409-165815.jpg20130409-165932.jpg

So, dear all coffee lover…you have to come and visit DJOURNAL COFFEE. It is not just a cup of coffee…and always remember “Coffee Drinker make a better Lovers”

DJOURNAL COFFEE
Grand Indonesia West Mall, Ground Floor
http://www.djournalcoffee.com
@DJOURNALcoffee

Cafe si Kumis, Mustache Me

9 Apr

Sore ini setelah melewati kemacetan yang luar biasa di daerah menuju perumahan Citra Garden, akhirnya sampai juga di deretan ruko yang terletak di daerah Sixth Avenue. Di antara deretan tempat nongkrong di situ ada satu yang cukup menarik perhatian. Sebuah ruko dengan logo bergambar kumis. Ternyata Cafe yang dari depan tampak cozy itu adalah Mustache Me.                    _MG_3933_resizeKonsep yang dipilih untuk cafe ini memang cukup unik. Beberapa waktu sebelumnya, memang sempat trend dengan gambar mustache/kumis ini. Mungkin juga karena Foke…hehehe. Interior cafe yang cukup warm ini dipenuhi dengan frame-frame kecil yang disusun di dinding. Quote-quote dan illustrasi lucu yang semuanya bertema kumis.

_MG_3763_resize_MG_3890_resize

Untuk stater bisa dipilih Mustache big plater [IDR 58], yang berisi chicken wing, french fries, sosis dan semacam lumpia. Disajikan dengan saus sambal dan asam manis. Lumayan untuk cemilan sambil ngobrol-ngobrol menunggu makanan utama. Selain itu ada pilihan lasagna [IDR 23], Zoupa Soup [IDR 25], dan Potato Wedges [IDR 20]. Selain itu ada juga Calamari, Onion Ring dan lain sebagainya untuk makanan ringannya.

_MG_3804_resize

Mustache Big Plater [IDR 58]

_MG_3859_resize

lasagna [IDR 23] & Zoupa Soup [IDR 25]

_MG_3801_resize

Potato Wedges [IDR 20]

Untuk main menunya lebih beragam lagi. Selain pasta, ada juga sandwich, pizza dan steak. Ada juga pilihan salad dan nasi, seperti nasi goreng Tom Yumnya [IDR 23] yang cukup spicy. American Pizzanya [IDR 23] cukup enak dan porsinya cukup mungil, mungkin bisa disebut mini pizza. Sepertinya andalan dari Mustache Me ini adalah Spagheti Carbonaranya [IDR 20], dan Spaghetti Blackpapper [IDR 20]

_MG_3823_resize

American Pizzanya [IDR 23]

_MG_3834_resize

Tom Yumnya Fried Rice [IDR 23]

_MG_3836_resize

Chicken Gordon Bleu [IDR 30]

_MG_3866_resize

Fish and Chip [IDR 28]

_MG_3870_resize

Spagheti Carbonaranya [IDR 20]

_MG_3878_resize

Spaghetti Blackpapper [IDR 20]

Dan dessertnya ternyata lebih juara lagi. Lava Cakenya [IDR 15] bener-bener enak. Sebagai pecinta coklat sepertrinya gue ngaa akan melewatkan dessert ini. Cake coklat hangat yang nikmat ini diisi dengan coklat yang meleleh di dalam seperti lava…yummm, disajikan dengan ice cream vanilla, dan tidak lupa dengan permen coklat yang berbentuk kumis. Selain itu yang patut dicoba adalah Waffle Ice Cream [IDR 22] dan Blueberry Cheese Cake [IDR 23]. Selain itu masih ada beberapa dessert lainnya yang pengen dicobain semua…tapi apadaya perut sudah tidak muat lagi.

_MG_3918 copy_resize

Lava Cakenya [IDR 15]

_MG_3911_resize

Waffle Ice Cream [IDR 22]

_MG_3900_resize

Blueberry Cheese Cake [IDR 23]

Untuk minuman, jangan khawatir karena Mustache Me punya banyak sekali pilihan minuman. Selain coffee, ada juga smooties dan mocktail. Mungkin ada sekitar lebih dari 90 macam minuman yang ada di Mustache Me. Cookies N Cream [IDR 22], Oreo Bubble Gum [IDR 22], dan Red Velvet [IDR 20] mewakili Mustache Me Smooties. Selain itu ada macam-macam mocktail yang menyegarkan [IDR 20]. Dan yang cukup unik adalah Icekult [IDR 18] yang merupakan campuran buah segar, soda, dan yakult, maka dari itu dinamakan Icekult. Juga ditambah dengan boba, semacam bubble yang bisa meletus di dalam mulut… mmmm.

_MG_3751_resize

Oreo Bubble Gum [IDR 22]

_MG_3811_resize

Cookies N Cream [IDR 22] & Red Velvet [IDR 20]

_MG_3817_resize

Mustache Mockktail IDR 20]

_MG_3774_resize

Icekult [IDR 18]

_MG_3921_resize

Hazelnut Coffee Latte [IDR 22] & Almond Coffee Latte [IDR 22]

Semua makanannya tidak ada yang mengecewakan, dengan harga yang masih terjangkau. Tempatnya yang cozy membuat betah buat ngobrol dan nongkrong berlama-lama. Lantai 2 yang tandinya disediakan untuk smoking area, malah lebih adem. Yang merokok malah memilih untuk santai duduk di bagian depan.

Buat yang tinggal di daerah Citra Garden, boleh maen-maen ke Mustache Me. Atau yang kebetulan ada rencana berkunjung bisa mampir dan menikmati western food dan pilihan minuman yang seru dan menyegarkan. Selamat menikmati cafe si kumis….

Mustache Me Cafe
Sixth Avenue Citra Garden 6 J5A-25
Jakarta Barat
Tuesday – Thursday : 14.00PM – 22.00PM
Friday – Sunday : 14.00PM – 23.00PM
CLOSED on Monday
@MustacheMe_JKT

Recommended Dish(es): Lava Cake
Spending: Approximately IDR 50000(Dinner)

Steakology

4 Apr

Steakology…seperti mendengar nama pelajaran atau ilmu tentang steak. Tapi memang itu salah satu alasan kenapa dipilih nama Steakology. Berawal dari ngumpul-ngumpul teman, yang akhirnya berakhir dengan bikin tempat nongkrong dan dipilihlah steak house. Steakology ini dimiliki oleh beberapa orang yang salah satu ownernya adalah penyiar Metro TV Prabu Revolusi, Tantri Kotak Band, dan beberapa orang lainnya.

Lokasinya yang berada diantara ruko-ruko di daerah tebet agak susah dicari, atau memang mungkin gue yang kurang familiar dengan daerah sana. Tapi akhirnya ketemu juga tempatnya. Ngaa terlalu besar, dan agak gelap di lantai bawah. Tapi mereka punya lantai dua yang lebih lapang, dan lengkap dengan ruang VIP yang bisa dipakai buat acara gathering ataupun meeting walaupun ngaa bisa menampung terlalu banyak orang. Tapi gue ngaa terlalu suka dengan pilihan warna tembok yang hitam dengan tambahan daun-daunan…IMHO loh._MG_3661_resize

Ok…lets start with the steak. Daging yang digunakan semua adalah daging lokal. Dengan pilihan Tenderloin dan Sirloin untuk daging sapinya, pilihan ukurannya small, medium dan large. Selain Beef, ada juga chicken dan salmon. Side dishnya juga ada beberapa pilihan, french fries, rustic atau mashed potato. Mixed vegetable atau brokoli buat sayurannya. Selain steak, mereka juga ada nasi goreng, chicken wings, dan pasta.

Untuk ukuran daging lokal sih cukup empuk, walaupun agak kurang juicy untuk ukuran medium well. Penyajiannya juga cukup menarik di atas mashed potato. Rasa Mashed potatonya cukup enak dan creamy, tapi sayangnya agak kurang halus. Sayurannya juga rasanya pas banget. Sedangkan yang menggunakan french fries, kayanya digorengnya terlalu oily, jadinya agak lembek. Overall….nice.
_MG_3673_resize _MG_3689_resize _MG_3701_resize

Yang bikin Steakology ini istimewa adalah pilihan sausnya. Seven Wonder of Sauces…Tujuh keajaiban Saus….wow. Dan masing-masing saus punya cerita masing-masing berikut efek dan sensasi yang ditimbulkan setelah merasakannya. So…inilah beberapa sausnya.

  • Bearnaise…Saus Romantis dari Perancis, rasanya creamy dan gurih asam. Dibuat dari mentega cair, kuning telur, cuka dan rempah-rempah.
    Efek : mendadak Melankolis
  • Mushroom…Saus yang dibuat untuk steak dan dibukukan pertama kali tahun 1864. Dibuat dari jamur, butter, cream pepper dan rempah-rempah
    Efek : menenangkan
  • Barbeque…Menurut ceritanya saus ini ditemukan oleh Columbus. Saus pedas manis dibuat dari pasta tomat, vinegar, liquid smoke, lada dan gula
    Efek : Freedom Sensation!
  • Rattlesnake…Saus ini dibuat dari racikan Jalapeno, mustard, tobasco dan rempah-rempah. Namanya emang unik karena diambil dari jenis ular berderik.
    Efek : Dropdead Gorgeous
  • Teriyaki…Saus jepang yang dibuat dari kecap asin, cuka jepang dan gula denganperbandingan 1:1. Teriyaki sendiri adalah tehnik memasak dari jepang dengan dipanaskan atau dipanggang.
    Efek : membuat kamu bersinar
  • Pesto…Saus Italia ini adalah saus khas dari Genoa yang sudah dikenal sejak jaman romawi kuno. Pesto adalah racikan dari daun basil, minyak zaitun, keju parmesan dan kacang pistachio.
    Efek : menjadi pribadi yang unik
  • Blackpepper…Saus dengan bahan dasar lada hitam dan dikenal sebagai salah satu bahan masakan pada tahun 1840 oleh bangsa eropa yang awalnya sebagai tanaman obat dan keantikan
    Efek : Keep Spirit On

Seru yah cerita tentang sausnya. Buat gue sendiri sih paling suka ama Bearnaise, yang emang ternyata favorit dan best seller. Setelah itu baru mushroomnya yang creamy. Buat yang suka pedes bisa coba Rattlesnake, karena memang bener-bener pedes, bahkan lebih pedes dari Blackpepper. Teriyaki sendiri lebih cenderung manis, begitu juga Barbequenya. Saus Pestonya sendiri juga enak. Memang ngaa salah kalo disebut Seven Wonder of Sauces…karena memang sepertinya ini salah satu keistimewaan dari Steakology. Dan menurut mas Prabu, kemungkinan bulan April akan launching 30 macam jenis saus baru…. wah, pengen cobain semuanya deh.

_MG_3702_resize _MG_3721_resize

Kita dapet keistimewaan buat mencoba dessert dari Steakology yang kebetulan belon dilaunching di menunya. Pilihannya ada Crepes dengan topping coklat, strawberry dan caramel. Pancakenya juga sama, ada pilihan coklat, strawberry dan caramel. Tapi menurut gue sih juaranya adalah Banana caramel, pisang yang dipanggang dan disiram dengan caramel…yummm… pisangnya yang lembut dan rasanya ngaa terlalu manis, dipadukan dengan gula yang manis dan mengkaramel lalu ditambah saus caramel. Saus karamelnya lumayan enak, mengingatkan ama permen alpen liebe…:)

_MG_3722_resize_MG_3729_resize _MG_3723_resize

So, thanks buat Steakology dan Openrice.com yang mengundang kita buat mencoba Steak yang enak ini. Menurut gue, Steakology ini sangat recomended buat yang kebetulan sering maen ke daerah Tebet, atau para pecinta steak yang pengen mencoba keajaiban dari saus-sausnya yang sangat istimewa itu. Dan direncanakan Steakology akan membuka bebrapa cabang lagi di Jakarta dan Bandung…Selamat mencoba

Steakology
Jl. Tebet Raya No. 38, Tebet, Jakarta Selatan
Phone : (021) 853786620

Recommended Dish(es): tenderloin steak
Spending: Approximately IDR 100000(Dinner)

Sego Pecel Bu Broto

2 Apr

Biasanya kita agak susah menemukan makanan tradisional di mall yang lebih didominasi dengan makanan western, jepang, dan chinese food. Pas kemaren ke mall Lippo Kemang Village, mampir di food court yang namanya Eatary, ternyata ada Sego Pecel Bu Broto ini. Makanan tradisional di antara dimsum, mie, dan makanan lainnya. Seru juga sepertinya buat dicoba.image(47) Continue reading

Ayam penyet Bu Kris

1 Apr

Setelah acara olah raga di daerah kemang, akhirnya diputuskan buat makan yang sedikit bergizi. Dan dipilihlah rumah makan Bu Kris ini yang pusatnya ada di Surabaya dan beberapa cabang-cabang pertamanya juga ada di Surabaya dan sekitarnya. Ntah yang di Fatmawati ini adalah cabang yang keberapa, tapi di Jakarta sendiri sudah ada beberapa cabang. Salah satunya yang beberapa kali gue pernah pergi adalah yang di Pluit. Tempatnya ngaa terlalu gede, tapi ada 2 lantai. Dan karena kita dateng pas sudah lewat jam makan siang, so ngaa gitu rame. Tapi rasanya kalo jam makan siang pasti bakalan rame banget tempat ini.image(56) Continue reading

Bakmi Asui

29 Mar

Buat pecinta bakmi di daerah Jakarta Barat, kemungkinan besar sudah pernah mencoba Bakmi Asui ini. Lokasinya agak masuk di dalam gang daerah Tanjung Duren. Tapi pasti ngaa susah mencarinya, karena setiap pagi pasti udah ramai mobil parkir di depan rukonya. Sebelumnya lokasinya ada di depan rumah tua di seberang rukonya yang sekarang. Mungkin karena sudah ngaa muat lagi dan agak ngaa layak, jadinya pindah ke ruko baru di depannya.

Menu utamanya tentunya adalah bakmi. Gue lupa, sepertinya dia ada menu lainnya juga selain bakmi, ada bihun kalo ngaa salah. Tapi tetep pasti yang dicari tentunya bakmi yang maha dasyat…*lebay. Bakmi Asui ini mungkin lebih mirip mie karet, bakminya agak besar-besar dan kenyal. Porsinya juga lumayan banyak. Yang bikin ketagihan itu adalag potongan daging ayamnya yang besar-besar. Pilihannya ada bagian dada dan paha…mantap. Kuahnya dipisah dengan sayuran segar.

image(33) Continue reading

Pizza Marzano

20 Mar

Pizza (i/ˈpiːtsə/, Italian pronunciation: [ˈpittsa]) is an oven-baked, flat, round bread typically topped with a tomato sauce, cheese and various toppings. Pizza was originally invented in Naples, Italy, and the dish has since become popular in many parts of the world.

Sepertinya dahulu kalo denger pizza sepertinya yang kepikiran cuma pizza hut. Dengan roti yang tebal, dan beberapa pilihan topping yang sepertinya sudah di-indonesiakan. Tapi sepertinya sekarang pilihan Pizza sudah banyak banget, dan dengan pilihan roti yang lebih tipis.

Salah satunya gerai pizza yang cukup lumayan rame, Pizza Marzano. Selain beberapa pilihan pizza, seperti restaurant Italy lainnya pasti ada menu pasta. Sayangnya kali ini gue ngaa sempet pesen pizzanya, karena yang lain pada pesen pasta. Sebelumnya sih memang sudah pernah coba pizzanya dan rasanya memang lumayan enak. Gue lebih suka roti yang tipis, karena toppingnya akan lebih berasa. Kalo dulu karena lebih familiar dengan pizza hut yang rotinya tebel, jadi toppingnya berasanya agak kurang. Dan dipastikan pizzanya freshly made from the moment you order, seperti yang mereka bilang “it’s you who gets the ball rolling”

20130323-011537.jpg Continue reading