Archive | March, 2013

Bakmi Asui

29 Mar

Buat pecinta bakmi di daerah Jakarta Barat, kemungkinan besar sudah pernah mencoba Bakmi Asui ini. Lokasinya agak masuk di dalam gang daerah Tanjung Duren. Tapi pasti ngaa susah mencarinya, karena setiap pagi pasti udah ramai mobil parkir di depan rukonya. Sebelumnya lokasinya ada di depan rumah tua di seberang rukonya yang sekarang. Mungkin karena sudah ngaa muat lagi dan agak ngaa layak, jadinya pindah ke ruko baru di depannya.

Menu utamanya tentunya adalah bakmi. Gue lupa, sepertinya dia ada menu lainnya juga selain bakmi, ada bihun kalo ngaa salah. Tapi tetep pasti yang dicari tentunya bakmi yang maha dasyat…*lebay. Bakmi Asui ini mungkin lebih mirip mie karet, bakminya agak besar-besar dan kenyal. Porsinya juga lumayan banyak. Yang bikin ketagihan itu adalag potongan daging ayamnya yang besar-besar. Pilihannya ada bagian dada dan paha…mantap. Kuahnya dipisah dengan sayuran segar.

image(33) Continue reading

Pizza Marzano

20 Mar

Pizza (i/ˈpiːtsə/, Italian pronunciation: [ˈpittsa]) is an oven-baked, flat, round bread typically topped with a tomato sauce, cheese and various toppings. Pizza was originally invented in Naples, Italy, and the dish has since become popular in many parts of the world.

Sepertinya dahulu kalo denger pizza sepertinya yang kepikiran cuma pizza hut. Dengan roti yang tebal, dan beberapa pilihan topping yang sepertinya sudah di-indonesiakan. Tapi sepertinya sekarang pilihan Pizza sudah banyak banget, dan dengan pilihan roti yang lebih tipis.

Salah satunya gerai pizza yang cukup lumayan rame, Pizza Marzano. Selain beberapa pilihan pizza, seperti restaurant Italy lainnya pasti ada menu pasta. Sayangnya kali ini gue ngaa sempet pesen pizzanya, karena yang lain pada pesen pasta. Sebelumnya sih memang sudah pernah coba pizzanya dan rasanya memang lumayan enak. Gue lebih suka roti yang tipis, karena toppingnya akan lebih berasa. Kalo dulu karena lebih familiar dengan pizza hut yang rotinya tebel, jadi toppingnya berasanya agak kurang. Dan dipastikan pizzanya freshly made from the moment you order, seperti yang mereka bilang “it’s you who gets the ball rolling”

20130323-011537.jpg Continue reading

Cooking Mama

14 Mar

Berada di antara ruko-ruko daerah Duta Mas Jelambar, Cooking Mama memberikan variasi makanan yang didominasi masakan cina dan medan. Dari restaurant babi panggang, lontong sayur medan sampai sea food ada di daerah komplek Taman Duta Mas ini. Tapi Cooking mama malah menyajikan western food, seperti sandwich, hotdog, spaghetti, sampai steak.

Seperti yang banyak orang bilang, nama Cooking Mama kaya game di nintendo ds atau ipad. Tapi sebenernya nama itu diambil karena owenrnya yang hobby masak buat anak-anaknya, biar ngaa sering jajan di luar. Eh malah keterusan dan jadi buka usaha resto ini._MG_2522 copy Continue reading

MR. PARK, korean casual dining

13 Mar

Selain makanan Jepang dan Chinese, salah satu yang gue suka itu makanan Korea. Dan sepertinya sejak mewabahnya drama korea dan K-POP, makanan korea jadi semakin banyak di Jakarta ini. Ngaa tau ada hubungannya atau ngaa…hahaha. Tapi biasanya makanan korea itu paling banyak ada di daerah-daerah tertentu, yah pasti yang paling banyak expart koreanya. Biasanya kalo di Jakarta Selatan di daerah Blok M, Melawai, Fatmawati, Senopati dan sekitarnya yang paling banyak. Selain itu di daerah Kelapa Gading dan mungkin di mal-mal besar. Rata-rata restaurant korea di sini pasti modelnya yang bakar-bakar sendiri. Jadi kita order daging-dagingan yang nanti kita bakar-bakar sendiri di panggangan.

Gue demen banget sama acara di TLC yang judulnya Kimchi Chronicles. Setiap habis nonton acara itu, biasanya langsung ngiler karena yang dibahas makana korea sampe yang jajanan pinggir jalannya. Nah, karena agak susah nyari restaurant korea, apalagi yang jual makanan yang lebih simple, jadi suka bingung. Tapi ternyata di Food Louver Grand Indonesia, ada MR. PARK. Stall Korean food ini menyediakan makanan korea yang sudah disimplekan jadi lebih ke casual dining. Bisa dibilang fast foodnyalah kira-kira.

Menu yang paling banyak dipesen sebenernya  adalah family package. Satu piring raksasa yang isinya nasi dan beberapa macem side dish yang bisa dimakan buat 3-4 orang. Ada beberapa pilihan family package, ada yang dengan nasi putih atau nasi goreng, selain pilihan daging ayam atau beef, ada juga capcae dan sayuran. Sayangnya kemaren karena yang lain udah mesen makanan lain, jadi gue ngaa pesen Family Package.

Bulgogi Bimbimbab [IDR33.6], nasi putih ditambah sayur-sayuran seperti wortel, kol, jamur dan ditambah beef bulgogi. lalu disiram saus sambel ala korea, yang warnanya merah-merah agak pedes sih. Dan bisa juga ditamabah telur yang bisa pilih mateng atau setengah mateng. Tempat penyajiannya semacam hot plate…mungkin lebih tepatnya hot bowl, jadi makannya harus terus diaduk sampai campur rata sebelum nasinya kering jadi kerak nempel di mangkuknya. Set Bulgogi Bimbimbab ini sudah termasuk sup dan kimchi. image(4) image(2)

Selain itu, ada semacam bento box yang isinya cukup lengkap. nasi sayur dan side dish berikut ayang atau beef bulgogi. Selain sup, juga ada kimchi. Ditambah coleslaw dengan bumbu mayonnaise. Cukup kenyang kalo buat sendirian. Tapi kalo misalnya rame-rame makannya, lebih enak kalo pesen sekalian yang Family Package, lebih seru aja makannya… hehehe…

image(3)

So kalo mau cari casual korean food, bisa coba makan di MR.PARK ini. Gue ngaa ngerti sih gimana korean food model MR.PARK ini asli di sananya. Moga-moga someday bisa ke Korea buat makaaaaan tentunya. Pray for me yah…

MR.PARK, Korean Casual dining

Grand Indonesia, West Mall Lt. 3, Jl. MH. Thamrin No. 1, Jakarta, 10310

Opening Hours:
Mon – Sun 10:00 – 22:00

Madame Lily, Honest food with Attitude

12 Mar

Madame Lily ada di lantai 4 Plaza Indonesia. Lokasinya antara salon-salon dan biasa disebut dengan beauty floor, dan karena berasa di tengah-tengah, sepertinya pasti selalu dilalui orang. Interior yang didominasi warna silver, abu-abu dan putih bikin suasana lebih elegan, sesuai dengan konsep Madame Lily “Honest food with Attitude”. Indonesian fushion food?…mmm mungkin agak aneh dengernya. But, ya di Madame Lily masakan Indonesia diolah ala fushion, dan masakan western yang dipadukan dengan bumbu ala Indonesia… quite interesting right?_MG_1815 Continue reading

Ci cong fan

7 Mar

Padahal perut lagi dasyat kenyangnya. Tapi mata sepertinya langsung lapar kalo ngeliat makanan tradisional yang seru. Karena gue kerjanya di daerah duta mas, banyak banget makanan medan enak yang sangat menggoda selera. Dan salah satunya adalah ci cong fan. Terbuat dari tepung beras dicampur kanji, lalu dikukus. Nah yang unik itu, dikukusnya dibuat tipis-tipis banget semacam lembaran kain. Jadi bentuknya sebenernya mirip ama kwetiauw, tapi lebih lebar-lebar dan tipis-tipis. Mungkin mirip juga denga papa (makanan thailand yang mirip kwetiauw, biasanya direbus).

Selain ci cong fan, biasanya mereka juga jual macam siomay, lumpia, beberapa gorengan, dan oyen. Oyen ini tales yang diserut, terus digoreng. Biasanya ci cong fan ini digunting-gunting, trus disiram saos asem manis, ditaburin bawang goreng dan wijen. Pokoknya seru banget deh…

20130307-210622.jpg

20130307-210703.jpg

20130307-210712.jpg

Gins.Co cafe

4 Mar

Pertama kalinya diundang buat acara gathering openricer lumayan deg-degan. Tapi ternyata acaranya cukup seru. Dateng-dateng langsung disambut oleh crew dari open rice yang ramah dan langsung saling kenalan dengan openricer yang lain. Kirain udah telat, tapi ternyata gue orang kedua yang dateng. Lalu openricer yang lain mulai berdatangan satu persatu.

Sambil ngobrol datanglah minuman yang menyegarkan. Menu baru dari Gins co cafe Blue Moskow dan Red Cherry, campuran buah dan soda bikin seger. Hyper-berry Blast adalah minuman andalan gins co cafe, campuran lima macam buah berry yang diblend jadi satu. Satu lagi yang paling mantap adalah Avocado Float. Rasa avocado yang sudah kuat, dipadukan dengan ice cream vanilla dan masih ditaburi coklat chip. Espreso bisa ditambahin kalo pengen ada rasa kopi dan memperkuat rasa avocadonya yang sudah strong, itu kata mbak Anggun dari Gin co cafe.

20130304-001311.jpg

20130304-001323.jpg

20130304-001635.jpg

Karena lokasinya ada di gedung CNI yang terkenal dengan Ginko Coffee, nama gins co diambil dari situ. Sebenernya cafe mungil yang cukup cozy dan posisinya tepat di lobby gedung ini cukup enak buat nongkrong atau meeting-meeting. Tapi karena ada di gedung perkantoran, cafe ini jadi sepi setelah office hour. Ada ruang private yang mungkin bisa dipakai buat acara khusus atau meeting, dan smoking area di bagian depan. Dan ada stage kecil untuk yang hobby nyanyi dan karaokean, mungkin biasa ada acara live music.

Untuk stater ada mushroom stuffed ball, jamur dengan daging cincang yang digoreng tepung panir disajikan pake saus mustard mayonaise. This is my favorite dish, selain gue suka segala macam jamur, buat cemilan sih oke dan just nice. Selain itu ada juga onion ring yang disiram dengan bumbu mayonaise. Sayangnya onionnya jadi agak keras dan sedikit asin, mungkin campuran bumbunya agak kurang merata.Oh ya, ada juga Fried Calamari yang empuk dan garing.

20130304-001832.jpg

20130304-001849.jpg

20130304-010705.jpg
Berikutnya ada pasta Carbonara dan Aglio Olio. Carbonaranya oke and creamy, untuk yang suka pedes bisa memilih Aglio Olio karena rasanya lebih spicy. Sebagai orang indo, kayanya kurang afdol kalo ngaa makan nasi. Gins co cafe menyediakan nasi goreng kampoeng, dengan ayam goreng dan kerupuk. Sayangnya rasanya agak hambar, kurang nendang.

20130304-003139.jpg

20130304-003247.jpg

20130304-010211.jpg

Main dish yang lainnya ada Fish and Chips dan Chicken Gordon Bleu. Fish and Chipsnya dipilih ikan dori, karena mungkin tekstur daging ikan dori paling lembut dibanding ikan-ikan yang lainnya. Sedangkan untuk Chicken Gordon Bleunya, seperti biasa breast fillet ayam dilapis keju dan smoked beef digoreng dengan tepung panir. Rasanya cukup oke dan lumayan mengenyangkan.

20130304-002827.jpg

20130304-002844.jpg
Sebenernya masih ada beberapa dessert dan cake yang ngaa sempet dicobai, karena udah terlalu kekenyangan. Katanya yang paling terkenal di sini adalah rainbow cakenya. Mungkin next time deh kalo sempet mampir ke sana lagi, cobain rainbow cake dan desertnya. Atau ada yang mau traktir gue ke sana?

So untuk penilaian totalnya, makanannya cukup enak kalo menurut gue, cuma sayangnya malah menu baru yang katanya cukup favorit, nasi goreng kampoengnya malah kurang berasa, cenderung hambar kalo menurut gue. Sedangkan untuk menu lainnya cukup enak, salah satunya yang jadi favoritnya gue adalah mushroom stuffed ball dan carbonara. Pelayanannya sangat memuaskan, malahan kita sampe ditemenin karaokean bareng. So silakan mampir kalo pas ada di daerah Puri.

Gins.Co Cafe
CNI C3 Building, Puri Indah O2 no 1-3
Jakarta Barat
Business Hour : 07am-10pm
Hot Line : 0817 666 000 6
Delivery Order : 021 5830 3616